Senin, 07 Januari 2013

Contoh Laporan Kunjungan Idustri


Laporan Kunjungan Industri
(PT.MADU BARU / MADUKISMO)
Tromol Pos 49 Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul – Yogyakarta

Tujuan Pembuatan Laporan :
1.             Sebagai bukti tertulis telah mengikuti kunjungan industri.
2.             Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang telah diberikan oleh sekolah.
3.             Untuk memenuhi atau melengkapi syarat masuk dunia kerja.


Nama   : Aldi Riffaldi F
Kelas   : X Kimia Industri II






SMK Negeri 2 Baleendah
Jl. RAA. Wiranata Kusumah No 11, Baleendah Kabupaten Bandung
2013


Daftar Isi
KATA PENGANTAR
          Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri di PT.Madu Baru / Madukismo, Yogyakarta  ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala. Maksud dan tujuan penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini adalah untuk melengkapi persyaratan mendapatkan nilai kenaikan kelas. Adapun penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan Industri, buku – buku pedoman, serta data-data dan keterangan dari pembimbing. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.     Bapak Carma Rahmat ,M.Pd selaku kepala sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan Kunjungan Industri.
2.     Bapak Tisna S S.Pd selaku waka kesiswaan pembimbing lapangan Kunjungan Industri Yogyakarta yang telah membimbing kami selama berada disana.
3.     Ibu Reni Eriani S.Pd selaku kepala jurusan Kimia Industri.
4.     Ibu Nunung Tresnawati S.Pd selaku wali kelas X Kimia Industri II.
5.     Pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan , terima kasih atas bantuan dan do’a restu yang berhubungan dengan kegiatan Kunjungan Industri.
          Akhirnya, penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri masih banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.




DAFTAR ISI
BAB I         PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG DIADAKAN KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
1.2  TUJUAN KUNJUNGAN INDUSTRI
1.3  MANFAAT KUNJUNGAN INDUSTRI
1.4  LOKASI KUNJUNGAN INDUSTRI

BAB II        PEMBAHASAN (HASIL YANG DIPEROLEH)
                   2.1 Profil
                   2.2 Hasil Kunjungan Industri
                   2.3 Kesesuaian kurikulum dengan hasil kunjungan industri

BAB III       PENUTUP
3.1  Kesimpulan
3.2  Saran

Daftar Pustaka

Lampiran ( Dokumentasi )






BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang Kunjungan Industri
            Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang proses pembuatan gula pasir dan alkohol. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambar kepada siswa tentang industri dan proses produksi di bidang agrobisnis dengan produk gula pasir dan alkohol. Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.

1.2   Tujuan Kunjungan Industri
Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi siswa/siswi sebagai berikut:
1.      Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2.      Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3.      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4.      Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5.      Membantu siswa melaksanakan program diklat.

1.3   Manfaat Kunjungan Industri
                Kunjungan ke pabrik ini diharapkan dapat memiliki manfaat bagi para siswa diantaranya siswa dapat mengetahui dan lebih mengerti sistem manajemen pabrik, proses dan mesin pengolahan gula atau alkohol skala industri, tata letak atau lay out perancangan tempat dan alatdalam pabrik, dan juga mengetahui informasi - informasi dunia kerja.


1.4   Lokasi Kunjungan Industri

Lokasi kunjungan industri berada di Tromol Pos 49 Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul – Yogyakarta





          BAB II
PEMBAHASAN (HASIL YANG DIPEROLEH)
2.1 Profil
PT.Madubaru di bangun tahun 1955 dan terletak di daerah Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai usaha pokok Pabrik Gula Dan Pabrik Spiritus yang terkenal dikalangan masyarakat luas dengan sebutan PG/PS Madukismo dengan potensi dan peluang pengembangan usaha yang potensial masih memiliki kesempatan tumbuh dan berkembang menjadi suatu perusahaan Agro Industri yang berbasis tebu dan dikelola secara profesional dan inovatif untuk menghadapi persaingan bebas diera globalisasi dengan petani sebagai mitra sejati .
PG/PS Madukismo merupakan satu-satunya Pabrik Gula dan Pabrik Alkohol di DIY yang mengemban tugas untuk mensukseskan program pengadaan pangan Nasional khususnya gula pasir dan sebagai perusahaan padat karya. PT.Madubaru juga menampung tenaga kerja dari Propinsi DIY, luas pabrik ini secara keseluruhan yaitu 284 H dan menggunakan kereta untuk angkutan tebu dan menjadi perusahaan swasta. Usia tebu yang bisa di olah menjadi gula sekitar 8-12 bulan.
Pabrik Alkohol dibangun tahun 1959, awal produksi menghasilkan 1500 L per harinya dan sekarang dapat menghasilkan 25000 L per harinya. Pemilik saham terbesar yaitu Keraton Yogyakarta dan setiap tahun ada ±170 peneliti dari berbagai lembaga,pabrik ini berproduksi selama 6 bulan dalam 1 tahun yaitu pada bulan mei – oktober dan memerlukan tenaga kerja ±4500 orang. Karyawan tetap berjumlah 442 orang, 60 orang managerial, kkwt 950 orang dan karyawan borong 3500 orang/lebih.
Dengan menggunakan strategi bisnis Overal Cost Leadership pada usaha pokok dan strategi bisnis differensiasi pada diversifikasi usaha maka PT. Madubaru siap menghadapi persaingan khususnya tahun 2009 dan tahun-tahun mendatang .
PT. Madubaru dengan kepemilikan saham 65% Sri Sultan Hamengku Buwono X (Kraton Ngayogjokarto Hadiningrat ) dan 35 % PT.Rajawali Nusantara Indonesia (PT.RNI),serta pelaksanaan konsep Good Corporate Governance (GCG) secara konsisten akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, petani tebu, dan juga investor yang menanamkan modalnya. Hasil produksinya dijual dengan cara dilelang.


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
          Dengan melakukan kunjungan Industri ke PT.Madubaru / Madukismo saya mendapat pengalaman baru tentang industri, lebih mengerti dunia kerja industri, dapat membandingkan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan dunia kerja industri. Observasi yang dilakukan secara nyata dan langsung pengembangan atas tugas yang diemban oleh siswa yang pada akhirnya sebagai bekal untuk tekun terjun di masyarakat ataupun di dunia kerja.
3.2 Kesan dan Saran
          Untuk menjadi bahan referensi dalam kunjungan industri berikutnya, kami mempunyai beberapa masukan yang mungkin bisa bermanfaat.
Kesan :
a.       Sambutan dari pihak perusahaan sangat ramah dan baik.
b.      Kunjungan industri ini sangat bermanfaat, karena kita bisa melihat langsung karyawan-karyawan yang sedang bekerja di perusahaan tersebut.
c.       Banyak pengalaman yang kami peroleh di perusahaan tersebut.
d.      Kami mendapatkan banyak keterangan mengenai perusahaan yang kami perlukan.
Saran :
a.       Sebaiknya pimpinan lebih jelas dalam menerangkan atau menjelaskan tentang bagian-bagian atau tugas-tugas karyawanya.
b.      Kegiatan lebih baik disesuaikan dengan jadwal produksi agar siswa dapat mengetahui proses pembuatannta.
c.       Diharapkan agenda program Kunjungan Industri ini tetap berjalan setiap tahunnya.
d.      Kunjungan Industri hendaknya dilaksanakan dengan biasa yang terjangkau oleh siswa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar